Cara Mudah & Cepat Menghafal Al-Qur'an


  • Judul asli : Kaifa Tahfazhul Qur’an al-Kariim,
  • Penulis : Dr. Yahya bin 'Abdurrazaq al-Ghaustani,
  • Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafii,
  • Ket: (cm): 23.5 x 15.5 cm, +/- 230 hal (SC)
  • Berat (gram): 400 m/s
  • Harga : Rp 40.000,-
  • Jayyid : Rp 32.000,- (Hemat Rp 8.000,-)



Menghafal al-Quran merupakan cita-cita kita. Di dalam hadis, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan bahawa kedudukan ahli al-Quran adalah pada akhir ayat yang mereka baca. "Bacalah dan naiklah. Dan bacalah dengan tartil sebagaimna kamu baca di dunia. Sesungguhnya kedudukanmu di syurga berada di akhir ayat yang kamu baca." (HR Ahmad)

Berikut kami hadirkan metode Menghafal Al-Qur’an (Disarikan dari buku yang berjudul “Cara Mudah & Cepat MENGHAFAL AL-QUR’AN” atau dalam judul aslinya “Kaifa Tahfazhul Qu’an al-Kariim” karya Dr. Yahya bin ‘Abdurrazzaq al-Ghautsani.):
  1. Pilihlah salah satu naskah Al-Qur’an dengan baik, yang ukurannya sesuai dengan selera. Jangan menggantinya dengan yang lain selama-lamanya.
  2. Niat yang lurus semata-semata karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  3. Dalam keadaan berwudhu dan bersuci secara sempurna.
  4. Duduklah di tempat yang membuat jiwa tenang, serta menghadap kiblat.
  5. Mulailah dengan pemanasan, yakni dengan membaca halaman al-Qur’an yang akan dihafal dengan melihat mushaf.
  6. Ulangilah bacaan dengan suara yang dapat di dengar, jangan terlalu cepat dan jangan pula terlalu lambat.
  7. Setelah berlalu sepuluh atau lima belas menit, selanjutnya mulailah menghafal.
  8. Memandangi ayat-ayat yang hendak dihafalk dengan fokus dan penuh konsentrasi.
  9. Mulailah dengan membaca ayat pertama yang terletak di pangkal halaman, dengan suara yang terdengar bagus lagi jelas, dan dengan bacaan yang benar lagi teliti.
  10. Bacalah ayat tersebut tiga kali atau lebih (sesuai kebutuhan dan kemampuan) hingga pikiran dapat menangkap ayat tersebut dengan baik.
  11. Kemudian pejamkan mata dan ulanglah ayat tersebut dengan membayangkan letak posisi huruf dan kata-kata dalam ayat tersebut.
  12. Buka kembali mata dan bacalah kembali ayat tersebut untuk memastikan telah menghafalnya dengan benar.

Bagi yang ingin mengetahui lebih detail, silahkan baca bukunya...! insya ALLOH sangat bermanfaat. Berikut sebagian Testimoni terhadap buku tersebut:

“Ada kepuasan dan kenikmatan tersendiri tatkala membaca buku ini. Di baris pertama buku ini, saya sudah menemukan manfaat yang dapat saya ambil. Demikian pula di baris-baris berikutnya. Oleh karena itu, kami berpesan kepada siapa saja yang telah mendapatkan buku ini untuk tidak langsung menerapkannya hingga ia menuntaskan bacaannya agar segudang faedah yang seharusnya dapat dipetik darinya tidak terlewatkan.”(Prof. Hasan Ahmad Hamid)

“Semoga Allah membalas Anda (penulisnya) dengan kebaikan karena adanya buku ini. Sungguh, sudah banyak orang yang mengambil manfaat darinya.”(Syaikh ‘Ali ath-Thanthawi)

“Pembahasannya sistematis, praktis, dan inovatif.”(Dr. Muhammad Abul Fath al-Bayanuni)

“Saya telah mempraktikkan kaidah-kaidah dan metode-metode yang saya baca dari buku Anda, sehingga saya mampu menghafal dua puluh lima juz dari al-Qur-an.”(Mahasiswi dari Yordania)

“Penulis yang terhormat, saya ingin menyampaikan kabar gembira bahwa saya berhasil menghafal seluruh al-Qur-an. Semua itu dapat terwujud setelah saya mem¬praktikkan kaidah-kaidah serta metode-metode yang terdapat di dalam buku Anda.”(Mahasiswa Universitas di Afrika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar